Cara mainkan game Wii di PC

Alat yang kamu butuhkan :1. PC dengan spesifikasi min. 3 GHz+ dual core CPU. DX11 GPU. 2 GB+ RAM2. Remote Wii + nunchuck untuk Wii ( Dengan motion Plus lebih baik ) Harga sekitar 200rb-250rb 3. Bluetooth Adapter ( sebagai receiver remote Wii ) harga 50rb-80rb4. Sensor Bar ( Agar bisa mengarahkan remote pada layar ) sebenarnya ini optional , ada beberapa game yang tidak membutuhkan sensor. 
Sekarang mari kita mulai saja, 

  • Colok USB bluetooth (tidak perlu konfigurasi apa-apa)
  • Download Toshiba bluetooth stack disini install sampai selesai.
  • Nyalakan Sensor bar
  • download wii emulator disini dan install terlebih dahulu Wii emulatornya,

Extract di PC kamu, lalu jalankan Dolphin.exe, pergi ke Options -> Controller settings

1. Pada Wiimote 1, ganti ke Real Wiimote (tidak perlu dikonfigurasi)2.  Centang pada Continuous Scanning ( menghindari wiimotes disconnected )3. Pilih Posisi sensor bar Top atau Bottom sesuai letak sensor bar kamu.boleh nyalakan Wiimote motor/speaker data agar wiimotes kamu bergetar.
Klik OK Lalu tutup dolphin emulator.
Sekarang kita akan coba mengkoneksikan Remote Wii dengan PC menggunakan bluetooth stack toshiba. 

Buka Bluetooth Assistant dari start menu atau Tray icon

Pilih Bluetooth Lalu pilih Add new Connection…

Tetap pilih Express Mode , untuk menemukan device wiimote secara otomatis.Ketika dalam Mode pencarian , secara bersamaan Tekan Tombol 1 dan pada wiimotes ( 4 LED di wiimotes berkedip-kedip) 

Gambar oleh FivePrime

Jika sudah berhasil, Maka device kamu akan terdeteksi di Bluetooth stack, Sementara Lampu LED di wiimotes masih berkedip-kedip, Langsung buka saja Dholphin emulator kamu

Ketika dolphin emulator terbuka,Wiimotes kamu akan bergetar 1 kali, itu menandakan wiimotes sudah terhubung dengan dolphin. dan lampu LED akan berubah menjadi 1 lampu saja yaitu di bagian kiri, menandakan Player 1. 

Game Wii siap dimainkan. 
Untuk tutorial Tweak Graphic di dophin emulator akan dibahas di tutorial berikutnya, jika ada pertanyaan silahkan komen di bawah

Vstpedia

all author posts

Leave a Reply